Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

Minggu, 06 Februari 2011

Goa Terluas dan Terbesar Di Dunia



Sekelompok peneliti menemukan gua terbesar di hutan wilayah Vietnam. Lubang berukuran tinggi 656 kaki dan lebar 492 kaki itu ditemukan tim penjelajah gua Inggris-Vietnam di Taman Nasional Nha-Ke Bang.
Koran The Sun melaporkan 13 anggota ekspedisi Inggris-Vietnam dibantu perwakilan Hanoi University of Science menemukan gua itu yang mungkin terbesar di dunia.
Gua yang diberinama Hang Son Doong atau Gua Sungai Gunung itu berukuran dau kali gua terbesar saat ini. Gua terbesar adalah Deer Cave di Malaysia dengan tinggi 328 kaki dan lebar 295 kaki.
“Itu sungguh gua dengan ukuran luar biasa dan salah satu penemuan terbesar,” kata Adam Spillane, anggota ekspedisi yang terdiri dari 13 orang. Gunung itu sebenarnya ditemukan lebih dulu oleh penduduk setempat pada 1991 bernama Ho Khanh.
“Khanh memandu tim dalam banyak penjelajahan dan tahun ini membawa tim ke gua yang belum pernah dimasuki oleh siapun temasuk orang setempat,” katanya.

0 komentar:

Posting Komentar